editor sosialitas
zoomtemplate.com
zoomtemplate.com
zoomtemplate.com

Helmy Yahya: Mudahnya Menjadi Entrepreneur

Sulitkah menjadi entrepreneur? Ternyata tidak.  Sebenarnya mudah saja untuk menjadi seorang entrepreneur.  Ada dua keyakinan tentang menjadi entrepreneur yaitu:

SETIAP ORANG BISA MENJADI ENTREPRENEUR
Menjadi entrepreneur bukanlah seperti sebuah akademi atau lembaga pendidikan yang mengajukan syarat tertentu untuk menjadi siswanya.  Menjadi entrepreneur benar-benar sebuah pilihan.  Anda berada dalam posisi aktif, berada dalam posisi memilih untuk menjadi entrepreneur.  Tidak ada syarat-syarat khusus, baik yang berhuungan dengan ukuran badan maupun kecerdasan.  Setiap orang bisa menjadi entrepreneur.  Menjadi entrepreneur adalah lowonganbagi siapa saja, tanpa batas.
SETIAP  ENTREPRENEUR BISA MENJADI LEBIH BAIK
Jika anda saat ini sudah menjadi seorang entrepreneur dalam  skala tertentu, apakah kecil, menengah,atau besar, yakinlah bahwa anda bisa menjadi lebih baik.  Jangan merasa puas dengan pencapaian anda saat ini karena dunia sangat luas dan apa yang bisa anda dapatkan bisa jadi tidak seperti yang anda dapatkan bisa jadi tidak seperti  yang anda dapatkan saat ini.  Anda bisa melakukan penetrasi terhadap usaha anda atu mulai melirik jebis usaha yang baru.
Segala sesuatu disekitar anda, perusahaan tempat anda bekerja, setiap perusahaan yang produknya pernah anda beli pasti diciptakan oleh seorang entrepreneur dengan sebuah visi.  Lihatlah toko roti; perhatikan keunikan kemasannya, pasti ada seorang yang seorang entrepreneur yang intens memikirkan, mulai dari jenis kemasan sampai gerobagnya.  Dan pasti ada juga seorang entrepreneur lain yang memikirkan dengan sangat detai keinginan pemilik perusahaan roti tersebut.
Satu jenis usaha sebenarnya merangkai usaha jenis lainnya sehingga membangun satu kesatuan.  Usaha besar didukung oleh usaha kecil, semua saling melengkapi.
Helmy Yahya yang berbisnis di bidang rumah produksipun tidak bisa sendirian.  Ketika program dia membutuhkan peralatan  tertentu, dia sudah meamermiliki jaringan yang membuatnya merasa aman memakai jasa tersebut.
Anda bisa melihat, dengan memperhatikan lingkungan sekitar, melihat aang lain, apa yang dibutuhkan orang lain.  ANda bisa segera memutuskanuntuk menjadi entrepreneur.
Menjadi seorang entrepreneur tidak lebih dari sebuah keputusan.  Berbeda dengan menjadi penyanyi, penari,arsitek atau aktor yang membutuhkan bakat dan latihan.  Bakat yang bisa jadi mengalir dari garis keturunan dan dikombnasikan dengan latihan akan mengahasilkan karya yang bisa jadi dihargai dengan sebuah kesuksesan.
Namun ada juga orang yang awalnya memiliki bakat yang kemudiaberkembang berkat proses  hidupnya, memilih untuk menjadi entrepreneur.  Contohnya adalah Rano Karno, legenda hidup perfilman Indonesia.  Rano karno yang merupakan aktor tiga generasi, anak-anak,remaja,dewasa.  Sekali lagi menjadi entrepreneur hanyalah tentang mengambil keputusan daripada bakat dan keturunan.  Untuk mengambil keputusan, Anda membuthkan keberanian.  Keputusan untuk melepaskan diri dari ketergantungan, keputusan untuk  memilih konsekuensi dan menangani apa yang menjadi tanggung jawab anda yaitu masa depan anda. Kepusan adalah kebiasaan orang cerdas karena salah satu indikasi orang cerdas salah satunya kemampuanya untuk memilih.  Mengambil keputusan tidak selalu berarti memilih yang terbaik dalam jangka pendek, tapi memilih yang terbaik untuk jangka panjang.
Misalkan anda seorang karyawan disebuah perusahaan.  Apabila anda mengambil keputusan untuk menjadi entrepreneur  dan terpendapatan taat ini, keputusan anda bisa jadi akan merugikan dalam jangka pendek.  Oleh karena itu secara kasat mata anda akan kehilangan keamanan finansial.  Anda tidak lagi mendapatkan  pendapatan yang tetap dan terjamin.
Namun keputusan anda saat ini untuk menjadi entrepreneur akan sangat menguntungkan dimasa depan, baik bagi anda maupun orang-orang disekitar anda yang akan anda bantu.  Memutuskan untuk menjadi entrepreneur pada hakikatnya bukan hanya tentang bagaimanaAnda mendapatkan keuntungan finansial yang lebih besar bagi diri sendiri tapi juga menjadi daya ungkit bagi orang lain untuk memiliki kehidupan finansial yang lebih baik.  Menjadi entrepreneur juga berarti memperoleh kenyamanan hidup karena mempunyai lebih banyak pilihan.  Walaupun anda bisa meyakinkan diri bahwaanda tidak termotivasi oleh karena uang, tapi anda pasti termotivasi  dengan memiliki lebih banyak pilihan, dan ternyata anda bisa memiliki lebih banyak pilihan ketika meiliki lebih banyak uang.
Bayangkan saja jika Anda ingin pergi kesebuah restoran bersama rekan bisnis Anda.  Jika uang Anda terbatas, mata tidak akan bisa menikmatAnda akan lebihbanyak melihat kedaftar harga daripada melihat daftar menu makanan.  Anda pasti tidak akan menikamati makan siang tersebut.  Dengan uang yang lebih banyak, ANda mungkinakan memilikilebih banyak piihandalam berbagai jenis makanan.  Uang memang bukan menjadi tujuan utama, tapi dengan uang banyak tujuan yang bisa diwujudkan. Jadi keputusan untuk menjadi entrepreneur merupakan keputusan masa depan.  Kendali seratus persen ditangan Anda,  Keputusan Anda lebih merupakan kepedulianterhadap masa depan yang lebihcerah.
Source:  Resensi Buku-Siapa Berani menjadi Entrepreneur, Helmi Yahya, Jonni Joe, http://www.masjeha.com

di terbitkan oleh sosiologi fisip unsoed 1997 pada 10:54 PM. kategori . Ikuti melalui RSS 2.0

0 komentar for Helmy Yahya: Mudahnya Menjadi Entrepreneur

Komentar Anda

Tulisan Terbaru

Komments Terbaru

Photo Gallery

zoomtemplate.com